SUARA INDONESIA TUBAN

Peletakan Batu Pertama Gedung PN Tuban, Bupati Berharap Bisa Layani Masyarakat Secara Modern

M. Efendi - 12 April 2021 | 19:04 - Dibaca 1.31k kali
Pemerintahan Peletakan Batu Pertama Gedung PN Tuban, Bupati Berharap Bisa Layani Masyarakat Secara Modern
Dari kiri, Bupati Tuban bersama Wakil Ketua PT Surabaya dan Ketua PN Tuban saat meletakan batu pertama Gedung PN Tuban secara simbolis, (Irqam/suaraindonesia.co.id

TUBAN - Guna menunjang pelayanan kepada masyarakat dalam mencari keadilan serta memberikan pelayanan secara modern, Pengadilan Negeri (PN) IIB Tuban membangun gedung baru, di jalan Wahidin Sudirohusodo, Tuban, Senin, (12/04/2021).

Pembangunan gedung ini diawali dengan peletakan batu pertama yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tuban, Fathul Huda bersama Wakil Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya, Siswandriyono serta Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tuban, Fathul Mujib.

Bupati Tuban, Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan, pembangunan gedung baru PN Tuban ini dilakukan untuk menunjang daerah sebagai kota metropolis. Pembangunan gedung modern pengganti kantor PN Tuban senilai 15 miliar ini digadang dapat memberikan manfaat dalam pelayanan masyarakat. 

"Untuk menjadi kota metropolis, tentu pelayanan publik harus bagus dan modern, sebab akan digunakan untuk melayani masyarakat. Untuk kekurangan pembangunan lantai atas mungkin bisa dilanjutkan dengan dana APBD tahun berikutnya," ujar Bupati dua periode. 

Ditempat yang sama, Ketua PN Tuban, Fathul Mujib mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Pemkab Tuban yang telah menghibahkan tanah dan bangunan yang nantinya digunakan untuk memenuhi gedung PN Tuban yang modern. 

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak Bupati yang telah menghibahkan tanah dan pembangunan standar peradilan," kata Fathul Mujib. 

Ia mengaku bahwa gedung PN yang saat ini masih digunakan belum memenuhi standar peradilan modern, sebab masyarakat yang berkonflik hukum rentan bertatapan langsung dengan aparat peradilan. 

"Beliau (Bupati,Red) beranggapan bahwa pengadilan merupakan benteng terakhir penegakan hukum. Maka itu, kami bangga karena akan memiliki gedung peradilan modern," tambahnya. 

Lanjut Fathul Mujib, nantinya dalam pembangunan gedung baru PN Tuban akan distandarkan sesuai peradilan sekarang. Yakni adanya pelayanan satu pintu dan menjadikan pengadilan sebagai tempat pelayanan publik yang steril, sehingga tidak ada kontak secara langsung.

"Gedung ini dibangun dari anggaran APBD Tuban. Sesuai dari konsultan perencanaan, dilantai atas sementara belum dikeramik. Oleh karenanya, kami juga akan ajukan lagi ke Mahkamah Agung untuk menindaklanjuti kekurangannya," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Pengadilan Tinggi Surabaya, Siswandriyono menambahkan, PN Tuban nantinya akan memiliki gedung yang megah dan modern seperti PN di Jakarta Utara.

Ia juga menuturkan, mengutip ucapan Profesor Soerjono Soekanto bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi penegakan hukum di Indonesia. Salah satunya ialah kurangnya sarana dan prasarana. 

"Kami sangat mengapresiasi Pemkab Tuban yang telah membantu mewujudkan PN sebagai wujud peradilan modern," pungkasnya. (Irq/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya