SUARA INDONESIA TUBAN

Tuban Berlakukan PKKM Mikro, Akan Ada Pembatasan Hingga Tingkat RT

Irqam - 10 February 2021 | 08:02 - Dibaca 2.93k kali
Kesehatan Tuban Berlakukan PKKM Mikro, Akan Ada Pembatasan Hingga Tingkat RT
Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono saat dikonfirmasi awak media di Sekretariat PWI Tuban

TUBAN - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diperpanjang mulai hari ini, 9 Februari hingga 22 Februari 2021. Perpanjangan kali ini, pemerintah akan melaksanakan PPKM Mikro yang menyasar hingga tingkatan Rukun Tetangga (RT).

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri No 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran virus Corona. 

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, PPKM Mikro seharusnya meliputi Surabaya Raya, Malang Raya, dan Madiun Raya. Tetapi tadi malam di instruksikan oleh Gubernur untuk seluruh wilayah Jawa Timur untuk melakukan PPKM Mikro.

"PPKM Mikro ini adalah pembatasan masyarakat sampai tingkat terkecil sampai dengan RT. Dalam arti kita laksanakan sesuai dengan tingkat sebaran pasien Covid-19 yang ada," jelas AKBP Ruruh saat menghadiri tasyakuran HPN di Sekretariat PWI Tuban, Selasa, (09/02/2021).

Lebih lanjut, ia menuturkan akan melakukan zonasi di Kabupaten Tuban. Misal di kota A di RT tertentu ada berapa banyak pasien yang positif Covid-19. 

Kalau RT itu minim pasien Covid-19 akan masuk zona hijau, kalau ada satu sampai 5  pasien akan masuk dalam zona kuning, Enam sampai Sembilan masuk zona orange, dan kalau di atas sepuluh akan masuk zona merah.

"Nantinya akan ada posko-posko yang ketua Kepala Desa maupun lurah. Dan akan uni-unit pembinaan dan pencegahan. Kemudia khusus untuk tingkat RT yang masuk zona merah, akan pemberlakuan pembatasan yang cukup ketat seperti pernikahan. Ini berlaku dari hari ini sampai dua minggu ke depan," katanya.

AKBP Ruruh juga menghimbau kepada masyarkat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dan informasi yang positif dibutuhkan agar masyarakat Tuban tetap bersemangat dalam menghadapi ujian dan bangkit dari keterpurukan ekonomi.

"Tetap pakai masker ketika keluar rumah dan hindari kerumunan. Dan sampaikan terima kasih banyak kepada teman-teman wartawan yang sudah membantu kami dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya