SUARA INDONESIA TUBAN

Asiknya Ngabuburit Sambil Berburu Aneka Es Segar dan Jajanan di Tuban

M. Efendi - 19 April 2021 | 18:04 - Dibaca 1.10k kali
Budaya Asiknya Ngabuburit Sambil Berburu Aneka Es Segar dan Jajanan di Tuban
Kalam Ahmad, saat sedang melayani banyak pembeli dilapaknya di jalan Sunan Kalijogo Tuban, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Ngabuburit selama bulan Ramadhan memang hal yang sangat lumrah, terlebih menunggu saat berbuka puasa akan lebih menyenangkan jika ngabuburit berburu takjil atau sekedar jalan-jalan.

Seperti yang kita lihat disepanjang jalan Sunan Kalijogo depan Kantor Kecamatan Tuban hingga di GOR Tuban banyak sekali pedagang yang menjajakan jualannya. Kebanyakan dari mereka menjajakan kuliner. Selama Ramadhan, apa saja bisa dicari.

Salah seorang penjual es bernama Kalam Ahmad (30) mengungkapkan jika pada bulan Ramadhan seperti ini adalah kesempatan bagi para pedagang untuk menjajakan jualannya.

"Kesempatan ya mumpung bulan puasa seperti ini, lumayan lah tidak ada sehari bisa dapat Rp 700.000 sampai Rp 800.000," ungkap Kalam Ahmad kepada suaraindonesia.co.id saat ditemui di Jalan Sunan Kalijogo, tepatnya depan Kompi Tuban. Senin, (19/04/2021).

Kalam juga bercerita, dirinya berjualan es kopyor, blewah, dan es jeruk ini buka dari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Untuk bisa menikmati es ini hanya dibanderol seharga Rp 5.000 perbungkus. 

Sementara itu, seorang pengunjung bernama Wulandari (24) asli Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, rela jauh-jauh datang ke Tuban untuk jalan-jalan sambil mencari takjil.

"Jarang sih saya ke Tuban kalau pas ada rame-rame atau bulan puasa gini. Banyak jajanan yang bisa dibeli, dan nanti sekalian buka puasa di Tuban," ungkap Wulandari saat ditemui didepan Kantor Kecamatan Tuban. 

Selain itu, pengunjung lainnya Evita Nur Isnaini (22), gadis kelahiran Kecamatan Palang ini mengaku, selama bulan puasa sering membeli jajanan untuk persiapan buka puasa. Terlebih dirinya kerja di Tuban, hampir selama bulan puasa membeli makanan di sekitar jalan Sunan Kalijogo.

"Saya kerja di konter sebelah Kantor Kecamatan Tuban, jadi hampir setiap puasa kayak gini beli es, jajan, makanan untuk buka puasa. Kadang saya bawa pulang kadang juga saya makan dikonter," imbuhnya.

Evita sapaan akrabnya yang pada saat itu sedang membeli es buah untuk berbuka puasa juga mengaku senang karena moment seperti ini hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan saja. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya