SUARA INDONESIA
Banner

Asyiknya Berwisata di Pantai Sembari Melepas Tukik

BANTUL - Berwisata di pantai tidak asyik jika hanya menikmati debur ombak. Berkunjung ke Pantai Gua Cemara Sanden Bantul selain menikmati gulungan dan deburan ombak, wisatawan dapat turut serta dalam penyelamatan anak penyu atau Tukik.

"Melepas tukik adalah pengalaman pertama saya, pengalaman ini sangat mengesankan. Dan saya salut Pokdarwis Mino Raharjo yang melakukan konservasi Penyu" ujar Yupiter Ome seorang wisatawan seusai melepas Tukik bersama rombongan Dinas Pariwisata Bantul dan insan pariwisata Bantul, Minggu (27/9/2020).

Pria asal NTT ini menambahkan wisata edukasi seperti melepaskan tukik perlu dikembangkan. Sehingga wisatawan bisa menjaga kelestarian hewan yang dilindungi ini.

Sementara itu Ketua Konservasi Penyu Mino Raharja, Yatiman menjelaskan pengelola wisata tidak hanya kesejukan pantai yang terbalut hutan gua cemara. Namun juga menawarkan wisata edukasi, melepas Tukik.

"Sudah ribuan Tukik yang berhasil kami selamatkan dan lepas kembali ke pantai. Tahun ini sudah sekitar 6.000 Tukik yang kami selamatkan dan kami lepas ke pantai" imbuhnya.

Yatiman menambahkan konservasi Penyu di Gua Cemara ini merupakan satu-satunya di Yogyakarta. Karena tempat lokasinya sangat cocok dan disukai indukan Penyu.

"Bulan September adalah masa Penyu bertelur sehingga saat ini waktu yang tepat untuk melepas Tukik" pungkasnya. (Lanjar Artama)

Apa Reaksi Anda?