SUARA INDONESIA TUBAN

Persiapan Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Menjelang Tahun Baru Imlek

Irqam - 16 January 2023 | 15:01 - Dibaca 795 kali
Peristiwa Daerah Persiapan Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Menjelang Tahun Baru Imlek
Para pegawai memasang lampion hasil sumbangan umat untuk mempercantik TITD Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Satu pekan jelang tahun baru Imlek 2574, berbagai persiapan mulai dilakukan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban. 

Para pegawai kelenteng pada Senin (16/1/2023), mulai membersihkan ruangan dan patung di area tempat ibadah. Selain itu, tampak memasang lampion hasil sumbangan umat untuk mempercantik kelenteng pada perayaan tahun baru Imlek.

"Berbagai persiapan terus kita lakukan menjelang Imlek, pemasangan lampion kiriman dari umat. Tahun baru Imlek kebetulan jatuh pada 22 Januari," kata sesepuh TITD Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Hanjono Tansah.

Hanjono sapaan akrabnya menjelaskan, TITD Kelenteng Kwan Sing Bio juga memasang ikon patung kelinci berwarna putih, sebagai simbol shio pada tahun baru Imlek 2574. 

"Tahun baru Imlek saat ini tahun kelinci air menurut hitungan orang Tionghoa. Dimana shio kelinci lebih cenderung ramah dan tidak banyak masalah," terangnya.

Saat perayaan Imlek 2574, lanjut Hanjono, berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini para umat dari luar kota diperbolehkan datang sembahyang di TITD Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Dalam persiapannya, pengurus TITD Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban telah menyiapkan beberapa kamar untuk umat dari luar kota.

"Kita coba perayaan Imlek tahun ini bikin ramai kalau bisa. Tapi kita belum bisa pastikan. Nantinya sembahyang dilakukan malam tahun baru Imlek," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya