SUARA INDONESIA TUBAN

Dukung Pelayanan Warga, SIG Pabrik Tuban Salurkan Bantuan Mobil Siaga

Irqam - 22 February 2022 | 14:02 - Dibaca 1.16k kali
Peristiwa Daerah Dukung Pelayanan Warga, SIG Pabrik Tuban Salurkan Bantuan Mobil Siaga
Penyerahan secara simbolis bantuan mobil siaga dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kepada Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Tuban, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali menyalurkan bantuan mobil siaga kepada pemerintah desa untuk menunjang pelayanan masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR). Program dari SIG Pabrik Tuban ini menyasar di 3 kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sementara desa yang telah mendapatkan bantuan mobil siaga telah dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat. Seperti di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Kepala Desa Temandang Tinik mengungkapkan, bantuan CSR berupa mobil siaga yang diterima oleh Desa Temandang dari SIG Pabrik Tuban akan digunakan untuk memeriksakan warga yang sedang sakit ke puskesmas maupun rumah sakit. Ia menilai mobil siaga ini sangat membantu pelayanan kepada warga.

"Sangat berguna sekali bantuan mobil siaga ini untuk warga. Mobil siaga juga kami buat sosialisasi untuk vaksinasi," kata Tinik kepada awak media, Selasa (22/2/2022).

Menurut Tinik, sebelumnya memang Desa Temandang sudah mobil siaga, namun kondisinya belum memadai. Sedangkan mobil siaga yang diterima dari SIG Pabrik Tuban memiliki standar yang sesuai dibutuhkan warga. 

"Sekarang ada 2 mobil siaga, yang mobil siaga lama itu dimanfaatkan warga yang membutuhkan, tapi untuk mobil siaga yang baru ini didesain untuk kesehatan dan jenazah," tambahnya.


Selain bantuan CSR berupa mobil siaga, warga Desa Temandang mendapatkan manfaat program pemberdayaan untuk toko sarana pertanian (Saprotan) yang dikelola kelompok tani desa setempat. Hingga saat ini asetnya mencapai hingga kurang lebih Rp80 juta.

Sementara itu, warga mendapat manfaat melalui program pemberdayaan ternak kambing untuk warga Desa Temandang.

"Insya Allah kedepan juga kita dapat program untuk produksi tempe di Desa Temandang," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Senior Comdev Officer SIG Pabrik Tuban Siswanto mengatakan, nilai total program CSR yang sudah disalurkan kurang lebih mencapai Rp7 miliar untuk 26 desa dari 3 kecamatan di Kabupaten Tuban.

"Kami berharap masyarakat atau TPK yang mengerjakan program ini sungguh sungguh dan berkelanjutan bukan hanya pelaksanaan sesaat atau jangka pendek tetapi berharap dapat tumbuh dan mandiri," kata Siswanto kepada awak media, Selasa (22/2/2022).

Siswanto menjelaskan, pada tahun 2021 terdapat 143 program pemberdayaan yang di support CSR SIG Pabrik Tuban ,yang terbagi dalam beberapa klaster diantaranya klaster kambing, unggas, ikan, konveksi, usaha kreatif, irigasi, kebun, kuliner dan wisata.

"Perusahaan berharap program ini berkelanjutan serta memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Tuban dan yang paling penting semoga perusahaan terus bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, Aamiin," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya