SUARA INDONESIA TUBAN

Detik-detik Perahu Terbalik Berujung 6 Orang Hilang di Sungai Bengawan Solo Tuban

Irqam - 03 November 2021 | 18:11 - Dibaca 1.63k kali
Peristiwa Daerah Detik-detik Perahu Terbalik Berujung 6 Orang Hilang di Sungai Bengawan Solo Tuban
Proses pencarian korban tenggelam perahu penyeberangan di Sungai Bengawan Solo, Tuban, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Perahu penyeberangan sungai Bengawan Solo di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban, menuju Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, pada Rabu (3/11/2021) terbalik.

Diketahui perahu dikemudikan oleh Kasiyan warga Desa Kanor, Bojonegoro, terbalik setelah dihantam arus Bengawan Solo yang deras menuju tambangan atau sandaran perahu.

Saksi mata bernama Kasnadi (50) warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban menjelaskan, setiap harinya terdapat dua unit perahu memberikan jasa penyeberangan Sungai Bengawan Solo.

Kasnadi menyebut, sebelumnya perahu dari arah sebaliknya Kanor menuju Rengel, sempat juga dihantam arus air Bengawan Solo. Namun, berhasil lolos dan bersandar.

"Paginya perahu yang dari arah Kanor, juga sempat hampir terbalik terhantam arus air, tapi masih selamat dan bisa lolos," kata Kasnadi di lokasi kejadian.

Menurutnya, perahu yang dikemudikan kasiyan itu melawan arus air yang deras. Tiba di tengah sungai, perahu kehilangan keseimbangan dan akhirnya terbalik.

"Sebelum terbalik perahu sempat berputar arah di tengah sungai karena dihantam arus deras air sungai," tambahnya.


Sementara itu, Sarmuji (56) korban selamat mengaku, saat perahu terbalik dirinya berusaha berenang mengikuti arus air menuju ke tepian sungai.

Sampai di tepi sungai , Sarmuji dibantu penambang pasir yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. 

"Waktu perahu terbalik, saya berusaha berenang sekuat tenaga agar tidak tenggelam," kata Sarmuji saat ditemui di Puskesmas Rengel.

Sarmuji tak mengira peristiwa nahas itu menimpanya di tengah perjalanan. Perahu yang ditumpanginya terbalik.

"Alhamdulillah saya bisa selamat, saya tidak mengira ini bisa terjadi," ujarnya.

Hingga saat ini para penumpang yang berhasil selamat dari terbaliknya perahu tersebut sebanyak 10 orang, dan diperkirakan masih ada 6 orang yang masih hilang.

"Sampai jam 5 sebanyak 10 orang kita temukan dalam keadaan selamat dan 6 orang masih dalam pencarian. Dari jumlah itu 1 orang di rawat di RSUD dan lainnya sudah pulang," kata Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Yudi Irwanto kepada suaraindonesia.co.id.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya