SUARA INDONESIA TUBAN

Umat TITD Kwan Sing Bio Gelar Sembahyang Besar Zhong Qiu di Depan Gerbang

Lisa Asanul Farida - 03 November 2020 | 07:11 - Dibaca 1.12k kali

TUBAN - Ummat Khonghucu TITD Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban menggelar sembahyang besar Zhong Qiu atau pertengahan tahun yang diperingati setia tanggal lima belas bulan delapan penanggalan Khongzili. 

Sesuai penanggalan tersebut hari ini, Kamis (1/10/2020) adalah tanggal lima belas bulan delapan tahun 2571.

Sembahyang dilakukan di depan pintu gerbang utama Klenteng Kwan Sing Bio. Hal ini disebabkan karena umat Tri Darma belum diperbolehkan memasuki klenteng.

Ketua Penilik Domisioner Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro menjelaskan, umat masih belum bisa memasuki klenteng karena adanya konflik yang belum selesai. 

"Belum bisa masuk kita, untuk sembahyang besar terpaksa dilakukan didepan gerbang utama. Salah satunya ya karena adanya konflik yang belum selesai begitu," jelasnya.

Untuk itu dirinya berharap konflik klenteng dan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini segera terselesaikan, agar umat dapat kembali beribadah seperti sebelumnya.

"Semoga semua konflik yang terjadi baik konflik klenteng maupun pandemi Covid-19 ini segera selesai atau berakhir, agar umat dapat kembali beribadah seperti biasanya," pungkasnya.

Dalam acara sembahyang besar tersebut umat juga menyediakan suguhan sesuai tuntunan kitab suci yakni kue bulan, yang merupakan simbol yang mewujudkan kreasi manusia, sebagai olah pikir dan rasa.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lisa Asanul Farida
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya