SUARA INDONESIA TUBAN

PWNU Jatim Gelar Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama di Ponpes Sunan Bejagung Tuban

Irqam - 30 March 2022 | 12:03 - Dibaca 2.15k kali
Komunitas PWNU Jatim Gelar Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama di Ponpes Sunan Bejagung Tuban
Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama di Ponpes Sunan Bejagung Tuban, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim gelar Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Bejagung, pada Rabu (30/3/2022). 

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyampaikan, Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama adalah amanat dari Konferensi Wilayah (Konferwil) Lirboyo tahun 2018 untuk melakukan evaluasi organisasi.

"Ini agenda rutin organisasi, yang intinya melakukan evaluasi dan menjalankan amanat Konferwil Lirboyo tahun 2018," jelas KH Marzuki Mustamar.

KH Marzuki menjelaskan, Konferwil Lirboyo tahun 2018 telah mengamanatkan berbagai tugas untuk PWNU Jatim. Tugas tersebut lalu didistribusikan ke lembaga Nahdlatul Ulama (NU).

"Hari ini lembaga yang kita undang untuk melaporkan progres reportnya. Apakah lembaga ini sudah menjalankan amanat atau belum, jika ada kendala akan dicarikan solusi," terangnya.

Disinggung soal apakah ada pembahasan terkait penundaan Pemilu 2024, KH Marzuki Mustamar menegaskan bahwa Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama membahas tentang agenda organisasi, bukan soal agenda politik. 

"Jadi ini secara penuh agenda organisasi, pada agenda ini kita membahas tentang kemaslahatan umat," tegas KH Marzuki.

Sementara itu, Ketua Penanggungjawab Materi pada Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama KH M Qoderi mengatakan, semua agenda-agenda dan keputusan baik di AD/ART maupun keputusan dalam Konferwil pasti dilakukan oleh PWNU Jatim.

"Salah satunya adalah rapat pleno hari ini. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan secara seremonial, masuk sidang pleno, dan masuk sidang komisi," kata KH. M. Qoderi.

Adapun sidang komisi, yakni Komisi Pendidikan, Pengkaderan dan Sumber Daya Manusia, Komisi Ekonomi, Komisi Kesehatan dan Kesejahteraan, Komisi Media dan Literasi Dakwah serta Forum Musyawarah Alim Ulama.

Dijelaskan dari lima hal tersebut, nantinya akan dipertajam dan akan diputuskan dalam Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama. 

"Tentu ini melanjutkan apa yang sudah diputuskan di Konferwil, Muskerwil dan Rakerwil yang pada rapat pleno ini diperluas," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama itu dihadiri oleh Rais Syuriah PWNU Jatim KH M Anwar Manshur, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Forkopimda Jawa Timur, Danrem 082/CPYJ, dan Forkopimda Tuban.

Kemudian, hadir juga jajaran pengurus PWNU Jawa Timur, utusan badan otonom (Banom), seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), Sarbumusi, Pagar Nusa, dan lembaga-lembaga di lingkungan PWNU Jawa Timur.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya