default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Menperin Nilai wajar jika Mobil Esemka Mirip dengan Mobil China

Menperin Nilai wajar jika Mobil Esemka Mirip dengan Mobil China
Peristiwa Nasional
Menteri perindustrian, Airlangga Hartarto saat meninjau proses produksi mobil Esemka
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

 

JAKARTA- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato menilai desain Mobil Esemka merupakan hal wajar jika mobil terlihat mirip dengan mobil buatan China (Changgan) . Menurutnya karena sifat pengembangan industrinya yang bersifat terbuka.

"Ya kan kalau mobil itu multisource multiplatform kan itu biasa. Kita nggak bisa bilang ini cuma jiplak, dibikin di mana juga, jadi itu biasa," ungkap Airlangga di kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Airlangga mengatakan bukan cuma pengembangannya saja yang terbuka, namun kerja sama antar pabrikan pun kerap terjadi, jadi wajar kalau ada kemiripan pada produknya.

"Ini bukan soal jiplak-jiplakan, tapi memang multisource dan multiplatform dan mereka punya kerja sama," kata Airlangga.

Begitu pula Esemka, Dia menjelaskan bahwa mereka pun ada kerja sama dengan China yang membuat mobilnya terlihat mirip dengan pabrikan Changan.

"Iya pasti, antara pabrikan punya kerja sama," kata Airlangga.

Airlangga mencontohkan kasus lain, seperti mobil Viet Fast pabrikan Vietnam juga bentuknya sama dengan BMW. Kedua pihak pun kata Airlangga sudah bekerja sama.

"Kita nggak pernah bilang Vietnam jiplak BMW, kan nggak karena mereka ada perjanjian," ungkap Airlangga.

Lalu ada juga Fiat di Italia yang mirip dengan mobil Seat di Spanyol. Menurutnya bentuknya hampir sama tapi beda desain sedikit.

"Sama seperti Fiat di Italia, di Spanyol ada yang mirip namanya Seat, itu platformnya sama tapi desainnya berbeda sedikit," ungkap Airlangga.


Kontributor : Anas
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar