default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Gerindra Respon Pernyataan Jokowi Soal Koalisinya yang Sudah Cukup Kuat

Gerindra Respon Pernyataan Jokowi Soal Koalisinya yang Sudah Cukup Kuat
Politik
Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria, saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan koalisinya untuk saat ini diakuinya sudah cukup kuat. 

Atas hal itu, Ketua DPP Partai Gerindra merespons pernyataan orang nomor satu di Inonesia itu. Lantas ia mempertanyakan parameter kekuatan koalisi yang dimaksud oleh Jokowi tersebut.

"Kalau itu jangan tanya saya (penambahan koalisi). Tanya Pak Jokowi, ukuran sudah kuatnya apa?" ujar Riza Patria, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Ia menilai, jika dilihat dari jumlah parpol pendukung Jokowi kuat dari segi kuantitas atau jumlah. Memiliki sepuluh parpol pendukung, sedangkan Koalisi Adil Makmur hanya punya lima partai pengusung. 

"Saya kira apa yang disampaikan Pak Jokowi itu betul aja. Dari segi komposisi, jumlah partai sudah 10. Koalisi Adil Makmur ada 5, 4 di parlemen 1 di luar. Kalau dibandingkan dari segi jumlah, memang banyak di situ," ujar Riza.

"Dari segi persentase partai pendukung 01 lebih banyak dari 02 dari segi perolehan suara. Jadi berdasarkan parameter tersebut, koalisi pemerintah sudah cukup kuat, kalau melihat perolehan kursi dan perolehan suara dan jumlah partai," imbuh nya.

Kendati demikian, Riza menilai jumlah partai pendukung Jokowi tidak serta-merta bisa menjamin membawa Indonesia menjadi lebih baik.

"Tapi kalau bicara kemampuan dalam mengawal, kemampuan membawa Indonesia ke depan yang lebih baik, ukurannya bukan jumlah partai. Ukurannya bukan jumlah suara hasil pilpres, ukuran bukan jumlah kursi di parlemen, tapi ukuran bagaimana pemerintah bersama partai pendukung bisa mengimplementasikan, mewujudkan visi-misi program untuk kepentingan bangsa dan negara," tegas dia. 

Sebelumnya, Jokowi menyatakan belum ada pembahasan secara khusus mengenai penambahan anggota koalisi yang membantunya di pemerintahan. 

Tetapi, ketika ditanya mengenai seberapa kuat koalisinya saat ini, mantan Walkot Solo itu menegaskan koalisinya sudah cukup kuat. "Kalau ditanya sudah cukup atau belum, sudah cukup," kata Jokowi.


Kontributor : E. Sofyan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar