default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

New Yogyakarta Internasional Airport Aman dari Ancaman Tsunami

New Yogyakarta Internasional Airport Aman dari Ancaman Tsunami
Peristiwa Daerah
Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menjelaskan NYIA
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SLEMAN - Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) dipastikan aman dari terjangan tsunami. Bandara baik secara situasi maupun secara struktural sudah diantisipasi oleh Angkasa Pura dalam proses pembangunannya.

"Keberadaan NYIA sudah dikonsultasi dan sudah dilakukan penelitian oleh UGM, ITB bahkan ahli dari Jepang. Sehingga meski terjadi gempa dan stunats dalam skala besar tetap aman. Di mana secara struktural bangunan dibuat tahan gempa dan secara situasi sudah siap dengan mitigasinya," ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di komplek Bandara Internasional Adisujtipto Yogyakarta, Minggu (20/01/2019) sore.

Ditambahkannya NYIA sudah dikonsep secara fleksibel sehingga aman dari ancaman tsunami. Oleh karenanya jika sewaktu-waktu terjadi tsunami penumpang dapat naik ke atas dan berlindung di ruang mitigasi yang memilki ketinggian 8  meter. 

Di samping itu, jelasnya, untuk menghambat gerakan gelombang juga akan dibangun gundukan-gundukan. Dan tentunya di pinggir pantai juga ditanami pohon bakau.

Budi Karya juga mengatakan saat ini progres pembangunan NYIA sudah mencapai 30 persen. Pihaknya menargetkan April nanti NYIA sudah beroperasi untuk penerbangan internasional.

"Dengan beroperasinya NYIA tentu akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan. Selain itu diharapkan NYIA nantinya bisa untuk menunjang keberangkatan dan kepulangan ibadah haji," terangnya. (Lanjar Artama)


Kontributor : Yogyakarta
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar