Pemkab Gresik Siapkan Rp 150 Miliar Antisipasi Dampak Covid-19

Pemkab Gresik Siapkan Rp 150 Miliar Antisipasi Dampak Covid-19
Peristiwa Daerah
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Moh Qosim, Kapolres AKBP Kusworo dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko hendak memberangkatkan 20 ribu paket sembako

GRESIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik tengah menyiapkan anggaran sebasar Rp 150 miliar untuk mengantisipasi berbagai dampak wabah virus corona atau Covid-19. Seluruh pihak, termasuk Legislatif diharapkan mendukung langkah tersebut.

Hal itu disampaikan Bupai Gresik Sambari Halim Radianto disela-sela mendistribusikan 20 ribu paket sembako ke sejumlah wilayah terdampak, Selasa (7/4/2020). Tahap awal dimulai dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Driyorejo dan Panceng.

Disebutkan, sembako yang diberikan kepada masyarakat tersebut terdiri dari 5 kilogram beras, mie instan, kecap dan berbagai kebutuhan lainnya. Pendistribusian berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Gresik dan Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Gresik.

“Kami bersama tim anggaran telah menyiapkan dana 150 miliar. Harapannya kebijakan ini didukung seluruh pihak, forkopimda dan legislatif,” ujar Sambari yang sekaligus sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam Percepatan Penanganan Covid-19.

Sambari menyebutkan, sesuai dengan rencana awal ada sebanyak 400 ribu paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat terdakwa. Pembagian dilakukan pada April, Mei, Juni dan Juli 2020. Namun, semua tergantung perkembangan situasi. 

Selain itu, pihaknya berpesan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk menyiapkan ruang isolasi bagi warganya yang baru datang dari luar daerah. Karena status pemudik sudah dinyatakan ODP (orang dalam pengawasan) sehingga perlu dilakukan isolasi selama 14 hari. Kebutuhan hidup selama masa isolasi harus dipenuhi. 

“Karena insyaallah hari ini atau besok dana desa sudah cair. Maka, bisa digunakan untuk penanganan Covid-19 termasuk mengisolasi warganya, tentu harus sesuai prosedur dan ketentuan perundang-undangan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, diharapkan semua pihak terlibat mendukung langkah pemerintah dalam memerangi Covid-19 ini. Agar bencana Nasional ini segera berlalu. Sehingga keadaan segera pulih dan kembali normal. “Kita harus menang melawan Covid-19,” imbuh Wakil Bupati Moh Qosim. Dalam pendistribusian sembako tersebut juga melibatkan unsur TNI, Polri dan BPBD.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar