default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Harga Cabai Rawit Merah di Tuban Kian Pedas

Harga Cabai Rawit Merah di Tuban Kian Pedas
Pertanian
Cabai rawit merah di pasar Baru Tuban
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

TUBAN - Kenaikan harga cabai rawit di Kabupaten Tuban beberapa hari belakangan ini terus meroket. Hingga saat ini, penjualan cabai rawit merah mencapai Rp75 ribu rupiah perkilogramnya.

Hal itu terjadi lantaran minimnya pasokan dari petani lokal, karena belum memasuki masa panen. Sehingga pedagang cabe rawit harus didatangkan dari luar kota.

Rumiyatun, salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban mengaku bahwa, harga cabai rawit merah saat ini tembus Rp75 ribu. Akan tetapi, harga cabai sendiri saat ini sudah mengalami penurunan, dibandingkan kemarin yang mencapai Rp80 ribu.

"Sekarang sudah mulai turun jadi Rp75 ribu perkilogramnya," ungkap Rumiyatun saat ditemui ditempat dagangnya, Kamis (23/01/2020).

Kenaikan harga komoditas tanaman holtikultura itu ditengarai minimnya pasokan cabai rawit merah, karena di Kabupaten Tuban sendiri belum memasuki masa panen. Sehingga cabai rawit ini harus didatangkan dari luar daerah.

Hal yang sama juga dikatakan oleh pedagang lain, Sutomo. Ia menjelaskan, mahalnya harga cabai rawit ini disebabkan minimnya pasokan cabai lokal, sehingga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga tersebut, para pedagang harus mendatangkan cabai dari Kabupaten Probolinggo.

"Cabai-cabai rawit ini dipasok dari luar kota, makanya harganya juga naik, karena di Tuban belum panen," pungkasnya.

Sekedar diketahui bahwa, harga di beberapa kebutuhan dapur lainnya masih normal. Seperti cabai rawit hijau saat ini masih stabil, yakni dengan harga Rp35 perkilogram, kemudian cabai keriting Rp45 hingga Rp46 ribu. Sedangkan harga bawang merah juga masih normal, antara Rp28 hingga Rp30 ribu, dan bawang putih Rp30 ribu perkilogramnya.


Kontributor : Achmad Junaidi
Editor : Imam Hairon
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar