SUARA INDONESIA TUBAN

Tak Berizin, Selep Padi Keliling Milik Warga Nganjuk Disita Satpol-PP Tuban

M. Efendi - 25 November 2020 | 10:11 - Dibaca 7.79k kali
Peristiwa Daerah Tak Berizin, Selep Padi Keliling Milik Warga Nganjuk Disita Satpol-PP Tuban
Kasatpol PP Tuban, saat menyita alat selep padi keliling di wilayah Kecamatan Montong

TUBAN - Maraknya selep padi keliling membuat pengusaha selep tetap kelimpungan, dan bahkan bukan tidak mungkin dapat membuat pengusaha lokal gulung tikar. Hal inilah yang mendasari petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Tuban melakukan penertiban.

Seperti selep padi keliling milik Riyanto (44), warga Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini terpaksa dihentikan dan diamankan petugas, lantaran tidak memiliki izin usaha saat beroperasi di wilayah Kecamatan Montong, Selasa (25/11/2020). 

Kasatpol PP Tuban, Hery Muharwanto mengatakan, penertiban huller atau alat selep padi keliling ini dilakukan karena mereka tidak memiliki izin usaha dan melakukan operasional diwilayah Kabupaten Tuban.

"Mereka (pemilik selep padi keliling,Red) tidak punya izin, sehingga kami tertibkan," ungkap Hery kepada suaraindonesia.co.id, Rabu, (25/11/2020). 

Sempet terjadi aksi kejar-kejaran, lantaran pemilik selep padi keliling lebih memilih untuk menghindar. Namun, petugas berhasil menangkap dan menyita alat selep padi, kemudian barang bukti sementara dititipkan di Kantor Kecamatan Montong. 

"Sementara barang bukti kami titipkan di Kecamatan Montong. Kemudian pemilik secepatnya kami panggil ke Kantor Satpol-PP untuk dilakukan pembinaan," paparnya. 

Pimpinan Satpol-PP Tuban ini menegaskan, pemilik selep melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2014 tentang ijin usaha penggilingan padi, huller, dan penyosohan beras.

Sementara itu, pemilik selep padi, Riyanto mengaku jika dirinya sudah setahun beroperasi di wilayah Kecamatan Montong, dan berniat mengurus ijin. 

"Kami setahun beroperasi, dan mau mengurus ijin. Tapi harus ada bantuan dari pemerintah," pungkasnya. 

Diketahui, maraknya usaha selep padi keliling di Kabupaten Tuban menjadi pesaing besar bagi usaha selep tetap. Atas dasar keresahan dan aduan pengusaha selep tetap tersebut, petugas Satpol-PP bergerak melakukan penertiban. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya