SUARA INDONESIA TUBAN

Meski Dimasa Pandemi, Profitibilitas SBI Mampu Dipertahankan

M. Efendi - 05 December 2020 | 11:12 - Dibaca 2.76k kali
Ekbis Meski Dimasa Pandemi, Profitibilitas SBI Mampu Dipertahankan
Foto Istimewa: Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia

JAKARTA - Meski pandemi Covid-19 terus memberikan tekanan pada perekonomian dan bisnis termasuk industri bahan bangunan, sehingga berdampak pada penurunan konsumsi semen domestik hingga 1,95 persen sampai dengan September 2020.

Sinergitas yang kuat antara PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) dengan Semen Indonesia Group (SIG) selaku induk perusahaan mampu mempertahankan kinerja keuangan yang positif pada kuartal III/2020.

Presiden Direktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Aulia Mulki Oemar menjelaskan, pendapatan penjualan semen dan terak turun masing-masing 0,7% dan 5,2% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019. Meski demikian, upaya-upaya optimalisasi dan sinergi yang dilakukan Perusahaan dengan SIG berhasil meningkatkan laba kotor 5,5% menjadi Rp2 triliun. EBITDA meningkat 38,6% menjadi Rp1,6 triliun. 

"SBI juga mencatat penurunan beban pokok pendapatan sebesar 8,8%, yang berkontribusi terhadap peningkatan laba sebelum bunga dan pajak penghasilan sebesar Rp965 miliar dan peningkatan laba bersih sebesar 120,9% menjadi 439 miliar," ujar Aulia Mulki Oemar dalam releasenya, Sabtu, (05/12/2020). 

PT SBI sendiri merupakan perusahaan publik Indonesia, dimana mayoritas sahamnya 98,3 persen dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB), yang juga merupakan bagian dari PT Semen Indonesia Persero Tbk, dan memiliki kapasitas total produksi mencapai 53 juta ton semen pertahun. 

Adapun dalam pengoperasiannya, PT SBI menjalankan usaha yang terintegrasi mulai dari semen, beton siap pakai, serta produk agregat. Sedangkan perusahaan ini juga mengoperasikan empat pabrik, masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Tuban, Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas gabungan 14,8 juta ton semen per tahun yang dikerjakan lebih dari 2,400 orang. 

"PT Solusi Bangun Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya