SUARA INDONESIA
Banner

Kembali Dapat Kepercayaan, PT SBI Tuban Raih Penghargaan Zero Accident Dari Kemenaker RI

TUBAN - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban kembali mendapatkan penghargaan Zeno Accidental yang ketiga kalinya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI). Penyerahan penghargaan K3 tahun 2020 tersebut berlangsung secara daring dari Ruang Serbaguna, Kemenaker RI, Jakarta Selatan. Jumat, (09/10/2020).

Apresiasi atas kinerja ini diterima oleh SBI Pabrik Tuban atas 4,144,154 jam selamat yang dicapai hingga 31 Oktober 2019 tanpa fatality accident sejak dimulainya operasional pabriknya di Tuban. Beragam program kesehatan dan keselamatan kerja dilakukan oleh SBI Pabrik Tuban baik untuk karyawan maupun kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasinya.

General Manager SBI Pabrik Tuban, Reni Wulandari mengatakan, kunci dari keselamatan kerja adalah kepedulian terhadap diri sendiri dan rekan kerja di sekitarnya. Di SBI Pabrik Tuban, kepedulian tersebut diwujudkan melalui beragam tindakan, antara lain dengan melakukan identifikasi bahaya di sekitar sebelum melakukan pekerjaan, saling mengingatkan jika ada unsafe action maupun unsafe condition yang terjadi. 

"Selain itu, melalui pelaporan yang dilakukan secara konsisten serta beragam program untuk meningkatkan kepedulian karyawan maupun kontraktor akan pentingnya keselamatan kerja," ujar Reni dalam press relesenya.

Dalam situasi pandemi ini pun, SBI Pabrik Tuban mendukung penuh upaya Pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus corona dengan melakukan tindakan pencegahan sesuai dengan yang telah diinstruksikan oleh Pemerintah, yaitu melakukan kegiatan pencegahan, pemeriksaan dan tindak lanjut yang diperlukan bagi siapapun yang berada dalam area operasinya untuk memastikan karyawan, kontraktor dan mitra bisnis bekerja dalam lingkungan kerja yang sehat dan aman.

SBI Pabrik Tuban akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan. 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen yang ada di SBI Pabrik Tuban, untuk bersama sama berkomitmen melakukan upaya upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan Pabrik Tuban. Sehingga Budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja yang ada di wilayah SBI Pabrik Tuban”, pungkasnya.

Sekedar diinformasikan, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (98.31%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dimana secara merek perusahaan telah berubah menjadi SIG sejak 11 Februari 2020 lalu dan merupakan produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. 

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Saat ini di SBI maupun melalui anak perusahaannya telah mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,5 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.400 orang.

Saat ini, PT SBI tengah mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.

Apa Reaksi Anda?